by

Daud A. Fatary: Konsep ‘City Branding’ Sebagai Ikon Pariwisata Khas Sorong Selatan

TEMINABUAN, dprdsorongselatan.net – Berdasar kajian dan identifikasi terhadap potensi wilayah, Kabupaten Sorong Selatan harus memiliki kawasan unggulan destinasi wisata yang menjadi prioritas pengembangan dengan pertimbangan multi flyer effect secara ekonomi.

“Strategi yang dapat dilakukan adalah komitmen pemerintah mengenai fokus pembangunan pariwisata daerah, meluncurkan konsep City Branding sebagai ikon pariwisata yang khas, meningkatkan kemitraan dan hubungan antar lembaga dalam pengelolaan pariwisata, dukungan regulasi serta pengembangan SDM,” tegas Kepala Dinas Pemuda, Olah Raga dan Pariwisata Kabupaten Sorong Selatan, Daud Azer Fatary, kepada dprdsorongselatan.net, Kamis 4 April 2019 di Teminabuan.

Pesona Kampung Air Korewatara Migori di Distrik Kokoda Kabupaten Sorong Selatan (Foto: Ist)

Menurut Daud A. Fatary, strategi tersebut dapat dikembangkan dalam rangka meningkatkan PAD dari sektor pariwisata di Kabupaten Sorong Selatan.

Sementara itu, Daud A. Fatary akan menjelaskan lebih detail tentang “Arah Kebijakan Pengembangan Pariwisata Di Kabupaten Sorong Selatan” dalam kegiatan “Pelatihan SDM Kepariwisataan Bagi Guru” yang digelar oleh Kementerian Pariwisata hari Jumat 5 April 2019 di Teminabuan.

Dihelaskan oleh Daud A. Fatary bahwa Kabupaten Sorong Selatan memiliki posisi yang strategis dalam pengembangan pariwisata daerah antara lain meliputi :

  • Memiliki letak geografis yang strategis, dimana kota dan kabupaten Sorong merupakan jalur utama transportasi dari seluruh Indonesia menuju Papua Barat. Sebagai wilayah penyangga, Kabupaten Sorong Selatan dapat mengambil manfaat strategis dengan menawarkan sektor pariwisata
  • Memiliki pesona dan kekayaan alam

Potensi “Seribu Sungai” dan keindahan alam yang relatif masih terjaga keasliannya. Termasuk potensi hutan mangrove dan hutan sagu yang masih sangat luas untuk dikembangkan menjadi paket wisata minat khusus.

  • Memiliki banyak potensi wisata terdiri dari wisata alam, wisata religi dan budaya, wisata kuliner dan wisata sejarah.
  • Memiliki potensi air yang melimpah, udara yang bersih dan sejuk serta lingkungan yang masih terjaga kelestariannya.
Gereja Tua Konda. Gereja tua ini wisata menjadi salah satu obyek wisata religi yang menarik di Sorong selatan. Bangunan gereja itu telah berusian 100 tahun lebih dan masih seperti aslinya. (Foto: Ist)

Potensi-potensi tersebut didukung dengan adanya kebijakan pemerintah yang menetapkan Sorong Selatan sebagai kabupaten konservasi yang senantiasa fokus terhadap pelestarian lingkungan hidup dan keseimbangan alam.

“Oleh karena itu, dalam perencanaan pembangunan ke depan, sektor pariwisata di Kabupaten Sorong Selatan merupakan sektor yang akan diandalkan dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Sehingga dalam rencana pembangunan, sektor pariwisata harus ditempatkan sebagai salah satu komponen pembangunan yang utama” urai Daud A. Fatary tentang prospek kepariwisataan Sorong Selatan pada masa-masa mendatang. (TS)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed