by

“GMKI Sorong Selatan, Refleksi 91 Tahun Sumpah Pemuda”

28 Oktober adalah hari sakral bagi Pemuda se Tanah Air Indonesia, tepat 91 tahun yg lalu sekelompok pemuda dan pemudi berkumpul di Batavia guna mengagas penjanjian bersama untuk membawa terobosan agar keluar dari masa penjajahan kolonial. Pasca era Kemerdekaan Republik Indonesia maka Pemerintah telah menetapkan tanggal 28 Oktober sebagai hari Sumpah Pemuda sebagai wujud penghargaan kepada perjuangan pemuda saat itu.
Kabupaten Sorong Selatan juga tak lepas dari seremonial peringat HUT Sumpah Pemuda di setiap tahunnya, namun dalam semangat itu seharusnya dibarengi dengan terobosan dan upaya dalam menggandeng Pumuda agar turut terlibat secara total dalam membangun daerah.

Harapan kami GMKI Cabang Sorsel adalah:
1. Pemuda (OKP/OKPI) seringkali dalam moment tertentu kami Pemuda OKP masih menjadi anak tiri, misalnya respon kehadiran Pemerintah dalam Pembinaan Olahraga, Pembinaan seni dan Pembinaan Kegiatan-kegiatan OKP
2. Mendorong Pemda Sorsel sesegara mungkin membentuk OPD DIASPORA agar menjadi indikator Pemda dalam menata dan mengembangkan potensi Pemuda yang ada di Sorong Selatan.
3. Perlunya Pemda wajib membuka ruang komunikasi agar menjadi kontrol kebijakan kepada warga masyarakat melalui pemuda, seperti adakan tatap muka dalam tiga bulan sekali dan hadirkan Pemuda saat pembahasan dan keputusan akhir MUSRENBANG tingkat Kabupaten Sorong Selatan.
Diharapkan juga momen hari Sumpah Pemuda tidak hanya menjadi kegiatan ajang seremonial semata di setiap tahunnya atau habis upacara habis komunikasi, tetapi Pemda Sorsel juga wajib mendorong dan eksekusi semangat Pemuda melalui ide-ide kreatif serta minat Pemuda sampai pada tataran implemensi di dunia nyata.
Akhir kata, GMKI Sorsel ucapkan Terimkasi kepada Bupati dan Wakil Bupati Sorong Selatan atas dukungannya terhadap Pemuda selama awal masa jabatan hingga mendekati di ujung periode masanya (2016-2021), sudah banyak yg dilakukan dan juga masih banyak yg belum dilakukan sehingga melalui momen hari Sumpah Pemuda di tahun 2019 ini semoga menjadi momen Emas bagi Pemuda Sorsel dalam memberikan kontribusi terhadap daerah.

“Anak memakai baju, gambar bajunya Burung Garuda…..
Daerah ini takan maju, kalau bukan di tangan Pemuda….”

Oleh: Olland Abago – Ketua GMKI Cabang Kabupaten Sorong Selatan Prov. Papua Barat

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed