by

Lowongan CPNS untuk 100 Ribu Formasi Dibuka Juni 2019

TEMINABUAN, dprdsorongselatan.net – Lowongan CPNS 2019 telah disiapkan pemerintah. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Syafruddin mengungkapkan pemerintah telah menyiapkan 100 ribu formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang akan dibuka Juni 2019.

Pemerintah juga berencana membuka lowongan CPNS dengan kuota yang sama pada Maret mendatang sebagai peralihan dari rencana rekrutmen CPNS yang tertunda di 2018.

Lowongan pada Maret nanti lebih ditujukan untuk masyarakat di daerah tertentu, seperti Sulawesi Tenggara, Papua, dan Papua Barat. Kebijakan itu dilakukan menyusul bencana alam di sejumlah daerah tersebut yang mengganggu jadwal perekrutan.

Sedangkan pada Juni nanti bersifat nasional. “Tapi fokusnya tetap kepada tenaga pendidikan dan tenaga kesehatan,” ucapnya di Istana Negara, Kamis (24/1).

Menurutnya, pemerintah kembali membuka lowongan CPNS tersebut karena kebutuhan tenaga pendidik dan kesehatan memang meningkat. Asumsinya, setidaknya membutuhkan sebanyak 150 ribu formasi untuk kedua sektor.

“Catatan Kemendikbud masih ada kekurangan guru sekitar 91 ribu,” katanya.

Syafruddin berujar kebutuhan tenaga pendidikan dan kesehatan cukup besar karena pemerintah bakal fokus mendongkrak kualitas sumber daya manusia dengan memantapkan pelayanan di kedua sektor.

Selain itu, jumlah pensiunan dari kedua sektor tenaga kerja terus meningkat. Misalnya, ia mencatat ada sekitar 50 ribu PNS yang pensiun pada 2018. Sedangkan pada tahun ini diperkirakan mencapai 52 ribu.

Pemerintah dikatakan Syafruddin lebih memilih membuka lowongan CPNS karena tak ingin banyak pegawai berstatus honorer.

“Jadi kami harus kejar dan jaga keseimbangan supaya jangan lagi rekrutmen honorer terlalu banyak,” terangnya.

Meski begitu, ia belum bisa memberikan data anggaran yang bakal dikucurkan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk program CPNS ini.

Sampai saat ini Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati belum buka suara mengenai jumlah anggaran yang telah disiapkan pemerintah untuk perekrutan melalui mekanisme lowongan CPNS 2019. (ULI)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed