by

Pemprov Papua Agendakan Pembentukan Badan Otsus dan Orang Asli Papua (OAP)

JAYAPURA, dprdsorongselatan.net – Pemerintah Provinsi Papua berencana membentuk organisasi perangkat daerah yang baru, yakni Badan Otonomi Khusus, yang akan mengelola Dana Otonomi Khusus dari pemerintah pusat.

Gubernur Papua Lukas Enembe di Jayapura, mengatakan semua Dana Otsus akan dikelola oleh badan baru itu dan diperuntukan bagi Orang Asli Bumi Cenderawasih (OAP), dikerjakan oleh orang Papua sendiri, tidak ada orang lain yang bisa masuk dalam institusi tersebut di mana hal itu sudah final.

“Nantinya dalam Badan Otonomi Khusus dan Orang Asli Papua ini akan berbicara soal kependudukan, ekonomi, pendidikan, serta kesehatan yang mana pada badan ini seluruh Dana Otsus ada,” kata Lukas Enembe 2 hari yang lalu.

Dia menjelaskan dengan dibentuk Badan Otsus dan OAP itu, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) tidak lagi mengelola Dana Otsus, termasuk di dalamnya program Gerakan Bangkit Mandiri Sejahtera Harapan Seluruh Masyarakat (Gerbang Mas Hasrat) Papua.

“Pengelolaan Dana Otsus oleh satu instansi ini bertujuan memaksimalkan pengelolaan Dana Otsus, sehingga peruntukannya lebih terarah, efektif dan efisien, di lain pihak keberadaannya dapat benar-benar maksimal membangun bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi rakyat, infrastruktur, dan kesejahteraan umum bagi seluruh Orang Asli Papua (OAP),” ujarnya.

Dia menjelaskan baik untuk Dinas Pendidikan maupun Dinas Kesehatan yang dulunya mengelola Dana Otsus di dua bidang tadi, tidak lagi mengurus hal itu.

Dengan demikian, kata dia, peran badan baru itu akan vital sebab nantinya OAP yang lebih paham membangun masyarakatnya sendiri.

“Jadi yang sebelumnya terdapat 52 OPD maka pada 2019 ini akan dirampingkan menjadi 35 instansi, di mana Badan Otsus ini menjadi salah satu di antaranya,” katanya.

Dia menambahkan pembentukan badan baru itu juga merupakan hasil evaluasi secara keseluruhan terhadap kinerja OPD di lingkungan Pemprov Papua yang dianggap tidak optimal. (Antara/ Hendrina Dian Kandipi)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed