by

Pentingnya Medical Check Up Rutin Bagi Pimpinan & Anggota DPRD Sorong Selatan

Oleh: Alexander Duwith SH, MSI – Sekretaris DPRD Kabupaten Sorong Selatan Provinsi Papua Barat

SESNA, dprdsorongselatan.net – Medical Check Up (MCU) adalah pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh. Walau begitu, masih ada sebagian dari kita yang kadang masih merasa enggan untuk melakukan hal tersebut. Padahal, dengan melakukan pemeriksaan MCU secara rutin, kita akan dapat menjaga kesehatan secara terarah dan efeknya juga menghemat biaya pengobatan jika terjadi musibah sakit.

Pada dasarnya, Medical Check Up (MCU) merupakan suatu kegiatan yang positif dan patut diselenggarakan secara berkesinambungan dalam mengupayakan dan menjaga anggota DPRD Sorong Selatan tetap sehat serta produktif saat mengemban kepercayaan sebagai wakil rakyat.

Dan untuk mencapai kesehatan yang maksimal tersebut, maka diperlukan deteksi dini pencegahan penyakit secara menyeluruh dan kompehensif. Pelayanan kesehatan profesional untuk pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Sorong Selatan Provinsi Papua Barat ini meliputi pendekatan dan tindakan promotif maupun preventif, penyesuaian faktor anggota dewan terhadap pekerjaan, lingkungan kerja dan penyakit umum yang melibatkan berbagai multi disiplin ilmu yang terintegrasi.

Perihal Medical Chek Up untuk pimpinan dan anggota DPRD ini dilaksanakan berdasarkan pada Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 18 tahun 2017 tentang Hak Keuangan dan Administratif Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah. Pada bagian Jaminan Kesehatan, disebutkan Selain Jaminan Kesehatan, Pimpinan dan Anggota DPRD disediakan pemeriksanaan kesehatan — Medical Chek Up —– yang bertujuan untuk mengetahui status kesehatan di luar cakupan pelayanan kesehatan yang diberikan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan.

Dari apa yang sudah dilaksanakan selama ini, DPRD Kabupaten Sorong Selatan melakukan medical chek up untuk anggota dan pimpinan bukanlah untuk yang pertama kali. Kegiataan medical check up rutin dilakukan setiap tahun. Pada bulan Oktober 2018 ini akan dilakukan lagi medical chek up, khususnya untuk pemeriksaan jantung dan pembuluh darah.

Pelaksanaan medical check up akan dilakukan di Rumah Jantung Harapan Kita di Jakarta berdasar rujukan dari RSUD Scholloo Sorong Selatan. Pemeriksaan di Jakarta dilaksanakan karena keterbatasan alat maupun dokter yang saat ini ada di RSUD Scholloo tersebut.

Jika MCU sudah dilaksanakan, hasil pemeriksaan ini setidaknya dapat menjadi perhatian setiap anggota dewan sehingga status kesehatan dengan indikasi baik dapat dipertahankan atau ditingkatkan kualitasnya. Sedangkan status kesehatan yang diindikasikan kurang baik dapat diupayakan untuk menjadi lebih baik.

Secara umum kegiatan medical chek up anggota DPRD bertujuan untuk mengetahui status kesehatan yaitu diketahuinya keadaan sehat secara dini — sakit dan tidak sakit secara fisik jasmani berdasarkan medical chek up—- yang memungkinkan setiap anggota dewan  dapat bekerja maksimal secara sosial maupun politik. Indikator pengukurannya adalah dengan dilakukannya medical chek up. Kriteria objektifnya, bila ditemukan indikasi status kesehatan baik, anggota dan pimpinan DPRD dapat bekerja dengan baik secara sosial dan politik. Tetapi jika ditemukan indikasi status kesehatan beresiko atau menderita sakit, secara sosial politik anggota maupun pimpinan DPRD akan melakukan pekerjaannya kurang maksimal.

Demikinalah mengapa MCU penting dilakukan secara rutin tiap tahun. Bukan hanya menjalankan amanat negara, tetapi juga merupakan bentuk pertanggungjawaban seluruh jajaran DPRD terhadap rakyat yang memilih menjadi wakil mereka.

Semoga status kesehatan setiap anggota DPRD Kabupaten Sorong Selatan di tahun 2018 lebih baik daripada status kesehatan pada tahun-tahun sebelumnya. (*/ts)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed