by

Refleksi Akhir Tahun 2018 Sekretariat DPRD Kabupaten Sorong Selatan

Alexander Duwith SH, MSi

Oleh: Alexander Duwith SH, MSi – Sekretaris DPRD Kabupaten Sorong Selatan Provinsi Papua Barat

PENGHUJUNG atau akhir tahun 2018 ini, ada beberapa hal yang ingin saya sampaikan dalam kapasitas pribadi maupun sebagai Sekretatis DPRD Kabupaten Sorong Selatan Provinsi Papua Barat. Pertama adalah permohonan maaf apabila sepanjang tahun 2018 ini kinerja sekretariat dewan masih dianggap belum maksimal dalam melayani seluruh jajaran DPRD. Baik itu pada tingkatan ketua, wakil ketua, pimpinan dan wakil ketua komisi maupun anggota DPRD lainnya.

Sebagaimana kita ketahui bersama, dalam menjalankan tugas dan fungsinya.  DPRD dibantu oleh Sekretariat DPRD yang bertugas membantu dan memfasiltasi seluruh anggota DPRD  guna kelancaran tugas dan fungsi DPRD sesuai peraturan yang berlaku. Sehingga Sekretaris Dewan mempunyai kedudukan yang sangat penting karena memiliki peran sebagai penghubung (mediator)  antara eksekutif dan legislatif agar terjalin harmonisasi antara keduanya.

Oleh karena itu,  kami  di Sekretariat DPRD  bekerja semaksimal mungkin untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada anggota DPRD yang terhormat demi kelancaran terselenggaranya tugas dan fungsi Dewan. Tentunya  kami  sangat  berharap  dengan  berjalannya  tugas  dan  fungsi Sekretariat DPRD dapat  mendorong  meningkatnya  kinerja  anggota DPRD  sebagaimana fungsi yang melekat padanya.

Foto/Ilustrasi: Staf Sekretariat DPRD Kabupaten Sorong Selatan Bidang Humas menjalankan tugasnya agar kinerja DPRD dan Sekretariat dapat tersosialisasikan dengan baik dan tepat sasaran

Kedua, kami  menyadari  bahwa  selama  dalam  menjalankan  tugas pada  Sekretariat DPRD dalam rangka memfasilitasi Anggota DPRD masih banyak hal yang menjadi catatan untuk perbaikan ke depan   dalam  memberikan  pelayanan,   tentunya   tidak  mungkin  dapat  memberikan kepuasan kepada  semua  anggota  Dewan  yang berjumlah 20 orang dengan latar belakang dan karakter yang berbeda-beda.  Namun dengan niat yang ikhlas dengan berbagai keterbatasan kami   selaku  staf   dalam  menjalakan tugas dan amanah sudah barang tentu tidaklah mungkin mencapai kesempurnaan.

Ketiga, kami selalu berusaha agar mampu menciptakan layanan/fasilitasi yang baik demi terjalin harmonisasi antara pihak eksekutif dan pihak legislatif yang harus terus terpelihara dan dikembangkan. Oleh karena itu pada masa-masa mendatang transparansi dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan sudah menjadi tuntutan wajib diwujudkan untuk terciptanya pemerintahan yang bersih dan kredibel.

Kami menyadari, masih ada beberapa kekurangan yang terus coba kami perbaiki secara terus menerus untuk meningkatkan kinerja seluruh jajaran di Sekretariat DPRD Kabupaten Sorong Selatan. Oleh karena itulah, sebelum memasuki cuti bersama dalam rangka Libur Natal Tahun 2018, kami melakukan rapat menyeluruh untuk evaluasi sekaligus refleksi akhir tahun.

Dengan refleksi akhir tahun 2018 ini diharapkan ada masukan, kritikan dan saran membangun dari seluruh jajaran di sekretariat maupun segenap angora DPRD Kabupaten Sorong Selatan.

Kami berusaha agar refleksi akhir tahun ini akan semakin lengkap pada tahun-tahun berikutnya dengan mengundang beberapa pihak lain seperti tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh budaya dan pihak-pihak terkait lainnya.

Foto/Ilustrasi: Gedung/Kantor DPRD Kab. Sorong Selatan. Dari kantor inilah, website dprdsorongselatan.net dikelola dan dioperasikan.

Dengan refleksi akhir tahun dan rapat-rapat rutin yang telah berjalan selama ini, kami berharap agar kinerja Sekretariat DPRD Kabupaten Sorong Selatan dalam melayani seluruh jajaran wakil rakyat akan  lebih ditingkatkan untuk tahun-tahun berikutnya.

Pada hemat kami, selama ini DPRD Kabupaten Sorong Selatan sangat kondusif  dalam konteks antara pimpinan DPRD Kabupaten Sorong Selatan dan anggotanya. Ada persatuan dalam dinamika politik lokal, Ada kesadaran dan tanggungjawab bersama dalam mengemban tugas sebagai wakil rakyat yang bersatu padu untuk memajukan daerah.

Situasi yang kondusif itu mencerminkan bahwa lembaga DPRD bisa menjadi representasi rakyat dan warga Sorong Selatan dalam kesamaan gerak persatuan membangun wilayahnya masing-masing. Demikian pula hubungan seluruh jajaran DPRD dengan Sekretariat telah berjalan baik dan harus trus ditingkatkan dalam tahun-tahun berikutnya.

Semoga pada akhir Tahun 2018 ini dan awal Tahun 2019 besok, menjadi awal bangkitnya semangat disiplin dan etos kerja yang lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Apalagi dengan adanya Perhatian Pemerintah dalam meningkatkan kesejahteran PNS melalui TPP (Tunjangan Pertambahan Penghasilan) sehingga dengan demikian kita akan semakin mampu meningkatkan kapasitas dan kapabilitas  selaku aparatur pemerintah.

Kami juga mengucapkan terima kasih kepada para OPD yang senantiasa menjalin koordinasi dan komunikasi serta sinergitas yang baik selama ini, sehingga harmonisasi yang telah terbangun antara eksekutif dengan legislatif dapat berjalan dengan baik.

Demikian hasil refleksi akhir tahun yang dapat  saya sampaikan. Semoga Allah senantiasa memberikan kekuatan dan petunjuk-NYA kepada kita sekalian di dalam mengabdikan diri kepada-NYA serta di dalam membangun Agama , Bangsa  dan   Negara. (TS)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed