by

Samsudin Anggiluli: Prioritaskan Penuntasan Gizi Buruk, Program Fisik Bisa Dinomor Duakan

TEMINABUAN, dprdsorongselatan.net – Kondisi gizi buruk sebagian masyarakat di Kabupaten Sorong Selatan Provinsi Papua sangat memprihatinkan. Untuk mengatasi hal itu, selain membentuk Tim Terpadu, pemerintah kabupaten melalui dinas kesehatan dan OPD terkait harus menuntaskan masalah gizi buruk dalam tahun anggaran 2018 dan 2019.

“Prioritaskan program kerja kesehatan melalui pengentasan gizi buruk yang dialami oleh sebagian besar masyarakat Papua di Kabupaten Sorong Selatan. Program-program yang bersifat fisik kesampingkan dulu atau jadi nomor dua utk sementara. Saat ini yang paling perlu diperhatikan adalah mengatasi gizi buruk untuk anak-anak Papua di Sorong Selatan,” tegas Bupati Sorong Selatan, Samsudin Anggiluli SE, dalam pembukaan rapat Kerja Kesehatan Daerah kabupaten Sorong selatan Tahun 2018.

Menurut Samsudin, persoalan gizi buruk harus dituntaskan dari sekarang. Dengan ujung tombak Dinas Kesehatan didukung Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang lain, masalah gizi buruk di Kabupaten Sorong Selatan harus dapat diatasi secepatnya.

“Kalau anak-anak Papua yang akan jadi generasi penerus gizi nya buruk, beberapa tahun ke depan mereka tidak akan memiliki daya saing. Padahal perkembangan zaman akan semakin dan sangat kompetitif kje depannya. Apalagi kita sudah memasuki Fase Tahap Dunia Industri 4.0 dimana daya saing sumberdaya manusia dan keunggulan teknologi sangatlah menentukan,” ungkap Samsudin.

Sementara itu, jika dilihat lebih jauh, akar dari masalah gizi buruk di Papua umumnya, atau Sorong selatan khususnya adalah menyangkut (1) akses dan ketersediaan pangan, (2) sanitasi dan fasilitas air bersih yang tidak memadai, (3) akses transportasi yang amat mahal atau bahkan tidak tersedia sama sekali, (4) akses dan infrastruktur informasi yang sangat minim, serta (5) pola hidup dan pola asuh yang kurang sehat. (Safin Patiran/ TS)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed